Menu Pokok
- File : Menu yang berkaitan dengan operasional dokumen / file.
- Edit : Mmenu yang berfungsi untuk mengedit dokumen dan perbaikan data.
- View : Menu yang berkaitan dengan penampilan dokumen dan penampilan Monitor, lembar kerja Workbook.
- Insert : Menu yang berfungsi dalam bentuk penyisipan.
- Format : Menu yang digunakan untuk menangani masalah pemformatan kolom/ Baris, seperti memperbesar dan memperkecil kolom.
- Tools : Menu untuk melakukan perbaikan pengecekan ejaan mengenai dokumen Tersebut.
- Data : Untuk menipulasi dan perubahan data yang telah dibuat seperti menyortir, mengurutkan dan mengimport data dari tempat lain.
- Windows : Berkaitan dengan penampilan lembar kerja di monitor.
- Help : Menu Bantuan
- Menu Pull Down
- File
a) New : Membuka dokumen baru yang masih kosong.
b) Open : Membuka dokumen yang pernah dibuka.
c) Close : Menutup dokumen.
d) Save : Menyimpan dokumen.
e) Save As : Menyimpan dokumen dengan nama baru.
f) Save As web page : menyimpan dokumen isi dalam halaman web internal.
g) Save Work Face : menyimpan dokumen glosif kedalam dokumen work face.
h) Search : Mencari dokumen.
i) Web page preview: melihat tampilan dokumen web yang akan di cetak.
j) Page Setup : mengatur seting halaman.
k) Print area : mencetak pada area tertentu.
l) Print preview : melihat tampilan dokumen yang akan di cetak.
m) Send to : mengirim dokumen ke e-mail.
n) Properties : memuat rangkaian dokumen yang sedang aktif.
- o) Exit : keluar dari Microsoft Excel.
- zzzEdit
a) Cut : memotong data.
b) Copy : Berfungsi untuk menggandakan data/ gambar.
c) Paste : Berfungsi untuk menletakkan / menempelkan data/
gambar.
d) Office clipboard : menyisipkan clipboar.
e) Paste special : menampilkan hasil dari perintah copy dan cut dalam
Kondisi Tertentu
f) Paste as hyperlink : menampilkan hasil dari perintah copy dan paste melalui hyperlink/ antar program.
g) Fill : mengisi data dari kiri, kanan, kebawah antar sheet dan
Mengurutkan data dengan cepat.
h) Clear : menghilangkan / menghapus semua yang ada dalam workbook.
i) Deleta : menghapus sel/ range yang telah di blok.
j) Delete Sheet : menghapus halaman sheet.
k) Move or copy sheet : memindahkan antar halaman sheet.
l) Find : mencari kata tertentu.
m) Repleace : mengganti kata tertentu.
n) Link : memperbaiki link tertentu.
- o) Objek : mengedit / memperbaiki.
- III. View
a) Normal : menampikan lembar kerja workbook.
b) Page Break View : menampilkan /menyembunyikan halaman baru pemotongan.
c) Taks Pane : menampilkan/ menyembunyikan taks pane
d) Formula bar : menampilkan/ menyembunyikan formula bar.
e) Status : menampilkan/ menyembunyikan tool status.
f) Header and footer : menampilkan/ menyembunyikan catatan atas/bawah pada Setiap halaman.
g) Comments : menampilkan/ menyembunyikan toolbar reviewing dan
Coment pada lembar kerja.
h) Full Screen : menampilkan lembar kerja / workbook satu halaman penuh.
i) Zoom : mengubah tampilan lembar kerja.
- IV. Insert
a) Cell : menyisipkan cell.
b) Rows : menyisipkan baris kosong.
c) Columns : menyisipkan kolom kosong.
d) Worksheet : menyisipkan worksheet baru.
e) Chart : menyisipkan grafik.
f) Symbol : menyisipkan symbol.
g) Page Break : membuat pemisah halaman.
h) Function : menyisipkan fungsi.
i) Name : menyisipkan mana sel & range.
j) Coment : memberi/ menyisipkan komentar.
k) Picture : menyisipkan gambar.
l) Diagram : menyisipkan diagram.
m) Objeck : menyisipkan objek.
n) Hyperlink : menyisipkan gambar, teks untuk hyperlink.
- V. Format
a) Cells : memformat isi sel berupa koma mata uang.
b) Rows : memformat tinggi baris.
c) Columns : memformat panjang kolom.
d) Sheet : memformat sheet yang sedang aktif.
e) Autoformat : menggunakan fasilitas format yang sudah disediakan
excel.
f) Condition auto format : memformat sesuai kondisi format.
g) Style : memformat sesuai sel sesuai style yang dimiliki.
- VI. Data
a) Sort : mengurutkan data.
b) Form : menangani form berkaitan dengan data record.
c) Subtotals : menghitung nilai subtotal.
d) Validation : membatasi jenis data yang akan dimasukan.
e) Table : membuat variasi data tabel.
f) Text to colums : mengubah data teks ke dalam kolom.
g) Consolidate : konsolidasi data berdasarkan posisi / kategori.
h) Group and outline : menggabungkan data dalam bentuk grup data.
i) Pivot table and pivot chart report : membuat table / grafik pivot.
j) Import internal dara : mengimport data guery dari War Excel.
k) Refres data : mempengaruhi pemanggilan data.
- VII. Toll
a) Spelling : mengecek ejaan.
b) Error Cheking : mengecek kesalahan pada data lembar kerja.
c) Speech : member komentar pada sel/ range.
d) Share Workbook : berpindah ke modus share workbook.
e) Track change : melihat perubahan data yang dilakukan.
f) Protection : mengunci lembar kerja.
g) Online collaboration : menyusun mengadakan pertemuan dengan jadwal tertentu.
h) Goal Seek : mengubah nilai rumus.
i) Scenario : membuat ringkasan.
j) Formula audition : menampilkan panah proses dengan sel yang aktif.
k) Tolls on the web : meminta bantuan dengan halaman web.
l) Macro : membuat macro.
m) Add-ins : on/of program add-ins
n) Auto correnct options : mengoreksi data.
- o) Customite : menambah mengurangi tampilan tools.
p) Option : menampilkan dialog menu options.
- VIII. Help
a) M.E. Help : menampilkan bantuan ketika kita mengalami kesulitan.
b) Show the office assistant : menampilkan office assistant.
c) What’s this? : menampilkan bantuan pada toolbar.
d) Lotus 1-2-3 help : bagaimana perintah lotus 123 pada MS. Excel.
e) Defect and repair : mendeteksi dan memperbaiki kesalahan.
f) About M.E. : menampilkan penjelasan tentang kofigurasi program yang Digunakan
- IX. Window
a) New Window : memperlihatkan lembar kerja yang sedang diedit dengan jendela
Baru
b) Arrange : mengatur jendela lembar workbook supaya semua terlihat.
c) Hide : Menyembunyikan workbook.
d) Unhide : menampilkan kembali workbook yang telah disembunyikan.
e) Split : membagi lembar kerja dalam beberapa tampilan jendela.
f) Freeze Panel : membekukan lembar kerja agar dapat melihat lembar kerja yang
Lain.
- Menu Cascading
- Cascading File.
- Ø print area : mencetak pada area tertentu yang telah diberi tanda.
- Ø Send To : mengirim dokumen ke e-mail.
- ii. Cascading Format
- Row : memformat tinggi baris.
- Columns : memformat panjang kolom.
- Sheet : memformat sheet yang sedang aktif.
- iii. Cascading View.
- Toolbar : menampilkan /menyembunyikan toolbar.
- iv. Cascading Insert
- Name : menyisipkan nama sel & range.
- Picture : menyisipkan gambar.
- v. Cascading Edit
- Fill : mengisi data dari kiri, kanan, kebawah antar sheet mengurutkan
Data dengan cepat.
- Clear : menghilangkan / menghapus semua yang ada pada workbook.
- vi. Cascading Tools
- Speech : member komentar pada sel/ range.
- Track Changer : melihat perubahan dara yang dilakukan.
- Protection : mengunci lembar kerja.
- Online Collaboration : menyusun mengadakan pertemuan dengan jadwal tertentu
- Formula Auditing : menampilkan panah proses dengan sel yang aktif.
- Macro : membuat macro.
- vii. Cascading Data
- Filter : menyaring data.
- Group and Outline : menggabungkan data dalam bentuk grup data.
- viii. Cascading Windows.
- New Windows : memperlihatkan lembar kerja yang sedang diedit dengan jendela Baru.
- Arrange : mengatur jendela workbook supaya semua terlihat.
- Hide : menyembunyikan workbook yang sedang aktif.
- Unhide : menampilkan kembali workbook yang telah disembunyikan.
- Split : membagi lembar kerja dalam beberapa tampilan jendela.
- Preeze Pones : membekukan lembar kerja agar dapat melihat lembar kerja yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar