Kamis, 16 Desember 2010

Menyimpan video dari website (Youtube, Metacafe, dll) dengan VideoCacheView

Sesuai dengan namanya VideoCacheView adalah sebuah program gratisan yang dikembangkan oleh NirSoft untuk melihat video yang tersimpan dalam cache browser yang kita gunakan. Sebagai contoh, setelah kita melihat video dari Youtube dan kita ingin menyimpan file video tersebut, maka kita bisa menggunakan VideoCacheView untuk mencari dan menyimpan file video itu ke tempat lain (berbeda dengan Youtube Downloader atau KeepVid yang berfungsi untuk mendownload video dari sumbernya).



VideoCacheView secara otomatis akan mencari file video yang tersimpan dalam cache browser seperti Internet Explorer, Mozilla, dan lainnya, kemudian menampilkan file-file video tersebut. Untuk selanjutnya tergantung kita apakah akan memutar kembali file tersebut (Play selected file), menyimpan (Copy selected files to), atau mendownloadnya (untuk fasilitas download tidak semua website menyediakan, seperti Youtube misalnya).





Yang harus diingat di sini adalah bahwa VideoCacheView bekerja dengan memanfaatkan file cache dari browser, jadi harus diperhatikan juga seting cache dari browser kita. Sebagai contoh, jika kita mengatur pembersihan cache (clean cache) pada saat kita menutup browser, maka otomatis VideoCacheView juga tidak akan menemukan file video setelah kita menutup browser.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kita bisa mengatur kembali penyimpanan cache pada browser atau bisa juga kita mengatur VideoCacheView untuk menyimpan secara otomatis semua video yang kita buka melalui melalui pilihan Save All Opened Flash Videos yang ada pada folder program Nirsoft VideoCacheView dan menentukan folder yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan video-video tersebut.



VideoCacheView bisa didownload di Freeware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar